Cara Membuat Menu Navigasi Blogger

ad
Cara Membuat Menu Navigasi Blogger - blogge Pemula sudah menjadi hal yang sangat wajar dalam bidang apapun, tak terkecuali dalam dunia blog. Saya mengkategorikannya menjadi 2 jenis, yang pertama jenis pemalas, dan jenis rajin.

Pemula tipe rajin merupakan pemula yang lebih cenderung mencari apapun sendirian di google ataupun bertanya sana sini. Tipe ini ketika diajarkan ataupun dituntun untuk ngeblog, dia mengutamakan mencari terlebih dahulu dan ketika tidak mengerti baru bertanya ke komunitas blogger ataupun ke orang-orang.

Sedangkan tipe pemalas merupakan orang yang ketika ingin tahu sesuatu dia lebih mendahulukan bertanya dan jarang sekali ingin mencari di google. Padahal di google banyak ilmu yang ingin dia ketahui yang sudah dijelaskan secara detail.

Saya pernah bertemu orang tipe pemalas yang meminta koreksi dari blognya ketika baru mengganti template. Pasti yang pertama saya koreksi itu navbarnya (navigasi bar) dari templatenya. Namun yang saya bingung dia bertanya cara mengganti atau mengedit navbar itu caranya bagaimana. Duh saya juga bingung cara jelasinnya. Masa iya di WA atau Line mengetik tutorial mengganti navbar sampe 500 kata bahkan lebih dan meng screenshootnya 1 per 1. NIAT BANGET.

Pada dasarnya tuh lebih baik mencari di google terlebih dahulu karena di google itu lengkap dan detail setiap ilmunya. Kalau dia yang bertanya tipe rajin, dia pasti mencari terlebih dahulu di google tentang cara mengganti navigasi bar. Jika dia tidak tahu baru lah dia bertanya. Saya suka orang begitu hehe.

Sedikit saran: Lebih baik belajar dulu html dan css dasar supaya tidak awam banget dengan kode di edit html blogspot. Ketika mau setting sesuatu di template jadi tidak bingung nanya kesana kemari.

Bagaimana sih bentuk NavBar atau navigasi bar itu? Navigasi bar merupakan menu yang ada di atas halaman suatu blog ataupun website. Begini tampilan dari navigasi bar.

menu di navigasi bar

Lalu bagaimana cara mengedit atau menambahkan menu navigasi tersebut? Simak berikut ini.

1. Pertama buka dulu blog yang ingin di edit menu navigasi barnya.

2. Masuk ke akun blogger kamu kemudian pergi ke tema kemudian klik edit html.

3. Kemudian klik kode apapun yang ada di dalam kotak, lalu tekan ctrl+f hingga muncul kotak search di dalam kotak kode.

tekan ctrl+f di kotak script kode

4. Lalu tulis salah satu menu yang ada di blog kamu. Contohnya saya mencari kata Intermezzo. Kemudian enter. Maka akan muncul tulisan Intermezzo (menu navigasi blog kamu)

masukkan nama menu navbar di blog kamu


5.  Jika sudah muncul kata yang kamu cari, silahkan ganti tanda "#" dengan link yang ada di blog kamu, terserah mau kamu masukkan apa label ataupun halaman. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini. Dan tulisan menu sebelumnya bisa kamu ganti menjadi tulisan apapun.

Contoh: Tulisan menu Intermezzo bisa kamu ganti menjadi bloh tutorial.

<li><a href="#">Intermezzo</a></li>

menjadi

<li><a href="#">Blog tutorial</a></li>

6. Kemudian jika sudah, tinggal klik save.

7. Coba reload atau refresh blog kamu yang tadi kamu sedang buka dan coba klik menu navigasinya apakah sudah berfungsi atau belum.

Pada dasarnya untuk mengedit html di template blog diperlukan ilmu dasar html. Karena tanpa ilmu html, kamu tak akan bisa mengubah template kamu dalam bentuk apapun baik itu mengganti warna template, menambah fitur baru, ataupun mengedit menu navigasi.

Kalau kamu ingin menambah menu navigasi di blog kamu bisa menggunakan kode di bawah ini.
<li><a href="#">blog Menu</a></li>
Seperti di atas, tanda pagar bisa diganti dengan link kamu dan tulisan "link label navigasi" seauai yang kamu inginkan.

Demikianlah ulasan kami mengenai Cara Membuat Menu Navigasi Blogger, semoga bermanfaat

Mau donasi lewat mana?

Paypal
Bank BCA - An.Dwi Lestari / Rek - 3930706719
Traktir creator minum kopi dengan cara memberi sedikit donasi. klik icon panah di atas
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.