Kami membuka Press Release dan kirim artikel secara Gratis, Periode promo sampai 30 Desember Hubungi kami Ketentuan!

Korelasi antara Tadarrus Al-Quran dan Pernapasan Diafragma

Korelasi antara tadarrus al quran dan pernapasan diafragma
Oleh Rifa Arifah


Pernah dengar dengan Teknik Pernafasan Diafragma? Dilansir dari situs Halodoc “Pernapasan diafragma adalah pernapasan yang dilakukan secara sadar dengan menggunakan diafragma sepenuhnya, sehingga paru-paru bisa terisi lebih efisien. Bentuk pernapasan diafragma yang paling sederhana adalah pernapasan diafragma dasar. Kamu bisa melakukan teknik pernapasan ini dalam posisi berbaring maupun duduk.” dan ternyata teknik Pernafasan Diafragma ini dampaknya sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama paru-paru.

Dari paru-paru sebagai pusat dari pernafasan yang mana oksigen disuplai ke aliran darah yang mengalir pada tubuh kita. Oksigen yang baik dan tersuplai dengan cukup ke semua bagian tubuh kita akan membuat stamina tubuh menjadi baik. Kesehatan atau proses penyembuhan juga menjadi optimal.

Namun tahukah anda ternyata teknik pernafasan diafragma ini telah sering dipraktikkan oleh para santri juga Kyai ketika mereka sedang membaca atau tadarrus Al-Qur’an. Penulis saat mondok di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Itqon Bogor selalu diajarkan cara bagaimana menyimpan nafas di bagian perut dan mengeluarkan nafas tersebut seiring suara kita yang keluar saat membaca Al-Qur’an. Belakangan ini diketahui menyimpan nafas di perut itu adalah teknik pernafasan diafragma.

Dilansir juga dari Halodoc.com pernapasan diafragma membantu kita menggunakan diafragma sepenuhnya saat bernapas. Hal itu bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan, antara lain:

1. Memperkuat diafragma.

2. Meningkatkan stabilitas pada otot inti.

3. Membuat tubuh lebih rileks.

4. Menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

5. Mengurangi kebutuhan oksigen.

Orang yang sering membaca Al-Qur’an tentunya sering mempraktekkan Pernafasan Diafragma ini. Disamping pahala dan keberkahan membaca Al-Qur’an, ditinjau dari sainsnya tidak heran jika guru-guru kita selalu terlihat muda, sehat dan bugar meskipun kegiatannya sangat banyak.

Maka sesungguhnya Allah SWT tidak serta merta memerintahkan kita untuk selalu membaca Al-Qur’an kecuali ada manfaat besar dibaliknya. Bahkan Orang-orang yang menjadi Hamalatul Qur’an akan memberikan syafaat di hari akhir nanti kepada orang disekitarnya yang ia cintai.

Pernafasan Diafragma ini bukanlah hal asing bagi kita. Jika kita rajin membaca Al-Qur’an dengan teknik pernafasan ini tentunya akan mendatangkan keberkahan bagi kehidupan kita. Badan kita akan lebih sehat dan pahala juga didapat. Wallahu ‘Alam

Getting Info...

About the Author

Admin

Posting Komentar

Komentarmu adalah cerminan dirimu
Posting Komentar
Cookie Consent
Kami menggunakan cookie agar membuat Situs kami lebih mudah dan digunakan untuk menyesuaikan kepentingan dan kebutuhan Anda
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
Harap matikan adblock untuk mengakses web ini
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.